Desa Srimulyo

Kec. Dampit
Kab. Malang - Jawa Timur

Info
Dapatkan informasi aktual dari portal terpercaya dan jadilah warga yang cerdas dan terinformasi ! Akses layanan publik dengan mudah dan efisien secara daring, di mana saja! Pastikan suara Anda tersalurkan untuk pastikan partisipasi publik dalam pembangunan dasa..

Artikel

Melestarikan Kekayaan Budaya Lokal Melalui Program Nguri-Nguri Budoyo oleh Mahasiswa FBD Jantra Kelompok 26 di SDN 1 Srimulyo.

WENDA HELNA PRISCILLA

15 Agustus 2024

49 Kali dibuka

Melestarikan dan mengenalkan kembali kebudayaan lokal kepada generasi muda, mahasiswa Universitas Brawijaya yang tergabung dalam FBD (FISIP-FIB Bakti Desa) Jantra kelompok 26 mengadakan program kerja Nguri-Nguri Budhaya: “Goes to School” di SDN 1 Srimulyo. Program ini bertujuan untuk memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga warisan budaya, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap tradisi lokal di kalangan siswa sekolah dasar.

Nguri-nguri Budhaya merupakan program kerja utama yang dilaksanakan oleh kelompok FBD Jantra 26 dengan salah satu program turunanya yaitu “Goes to School” yang ditujukan untuk membangun rasa cinta tanah air dan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sejak usia dini.  Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini  adalah siswa memahami nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan memiliki semangat kebangsaan yang kuat.

Program kerja Nguri-Nguri Budhaya ini disambut baik oleh pihak sekolah, pasalnya kegiatan literasi budaya di sekolah juga sedang dijalankan. Pihak sekolah kemudian mengajak untuk berkolaborasi dalam kegiatan “Kamis Budaya” yang diadakan setiap pekan pada hari Kamis. Kegiatan ini hadir untuk mengajak siswa menjaga eksistensi kebudayaan lokal di tengah gempuran budaya luar.

Kegiatan pertama yang dilaksanakan pada 18 Juli 2024, program kerja Nguri-Nguri Budhayo mengangkat tema “Lagu-lagu daerah” berlangsung dengan meriah. Seluruh siswa yang hadir, dengan antusiasme yang tinggi, menyanyikan bersama lagu Gundul-Gundul Pacul, Lir-ilir, dan Cublak-Cublak Suweng, menciptakan suasana penuh semangat dan kebersamaan. Kegiatan ini tidak hanya mengenalkan warisan budaya melalui lagu daerah, tetapi juga membangun rasa kebersamaan antar siswa. Tidak hanya dengan bernyanyi bersama, beberapa siswa juga ditantang untuk menyanyikan lagu-lagu tersebut di lapangan untuk melatih rasa percaya diri terhadap kemampuan mereka. 

Pada pertemuan kedua yang dilaksanakan pada 25 Juli 2024, terdapat expo permainan tradisional untuk mengembangkan keterampilan motorik dan sosial siswa dalam suasana yang menyenangkan dan tetap edukatif. Permainan yang ditampilkan berupa gobak sodor, engklek, congklak, kelereng, bola bekel, dan lompat tali. Permainan-permainan ini melatih siswa dalam hal kerjasama, sportivitas, dan juga kebersamaan. Expo permainan tradisional ini diharapkan dapat membantu para generasi muda untuk bangga terhadap permainan tradisional dan dapat meminimalisir penggunaan smartphone pada kalangan siswa Sekolah Dasar

Kepala sekolah SDN 1 Srimulyo, Ibu Sri Asih, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh kelompok FBD Jantra 26 ini. “saya mengapresiasi adanya kegiatan ini karena program tersebut selaras dengan kegiatan rutin kami, yaitu Kamis Budaya yang nantinya dapat membangun karakter dan kebersamaan para siswa,” ujarnya.

Program Nguri-Nguri Budhaya: “Goes to School” diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi siswa untuk lebih mengenal dan mencintai budaya mereka sendiri. Melalui kegiatan ini, mahasiswa FBD Jantra kelompok 26 juga berharap agar generasi muda dapat memahami pentingnya melestarikan tradisi dan kearifan lokal di tengah arus globalisasi yang semakin kuat. Dengan demikian, para siswa dapat menjaga warisan budaya yang kaya agar terus hidup dan berkembang di masa yang akan datang.

Penulis: Silvia Supriyanti

Form Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Kirim Komentar

Captha
Matematic

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

M. MUKLIS

EKO SUNARDI

EKO SUNARDI

Sekretaris Desa

EKO WIDODO

EKO WIDODO

Kaur Keuangan

ANGGELINA DWI ALFAREZA

ANGGELINA DWI ALFAREZA

Kaur Umum dan Tata Usaha

WENDA HELNA PRISCILLA

WENDA HELNA PRISCILLA

Kaur Perencanaan

KUS INDRATNO

KUS INDRATNO

Kasi Pemerintahan

DIDIK EDY SUDARMANTO

DIDIK EDY SUDARMANTO

Kasi Pelayanan

MUSTAIN ROMLI

MUSTAIN ROMLI

Kasi Kesejahteraan

SUPRIONO

SUPRIONO

Kepala Dusun Krajan

SUBARIADI

SUBARIADI

Kepala Dusun Balerejo

MUHAMMAD NUR

MUHAMMAD NUR

Kepala Dusun Sukorejo

MULYANTO

MULYANTO

Kepala Dusun Purwosari

SENIRAN

SENIRAN

Staff

SAPARI

SAPARI

Staff

BASHORI

BASHORI

Staff

SURADJI

SURADJI

Staff

LUTFIATUL AZIZA

LUTFIATUL AZIZA

Staff

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Srimulyo

Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Kerja

Hari Mulai Selesai
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 08:00:00 16:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Komentar

kartolo

26 Desember 2022 05:34:13

semoga srimulyo jaya...

Rudi Purwanto

24 Desember 2022 09:49:15

Mantap desa Srimulyo...

Statistik Pengunjung

Hari ini:41
Kemarin:13
Total:9.599
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.142.124.168
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-8.2823812
Longitude:112.7821438

Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang - Jawa Timur

Buka Peta

Wilayah Desa